wdcfawqafwef

Apa Itu SIM Card Swapping Rekening BRI?

SIM Card Swapping
SIM Card Swapping

Pertanyaan:
Saya melihat banyak berita SIM Card Swapping di rekening BRI. Tolong info apa maksudnya?

Jawaban:
Ketika proses buka rekening di Bank BRI nasabah akan diminta beberapa data seperti nomor kartu identitas diri, alamat email, nomor NPWP, serta nomor telepon aktif. Nomor telepon dibutuhkan untuk daftar kontak sekaligus nanti akan bisa dikoneksikan dengan layanan digital banking seperti Mobile Banking maupun Internet Banking.

Selanjutnya transaksi bisa dilakukan lebih mudah dari layanan mobile banking maupun BRI Internet Banking. Verifikasi transaksi akan membutuhkan sebuah kode yang dikirim dalam bentuk SMS ke nomor telepon terdaftar biasa disebut dengan mToken.

Menanggapi pertanyaan di atas tindak kejahatan perbankan yang mengcopy dan mengambil data informasi SIM card nomor handphone nasabah dan menduplikat kartu SIM inilah yang disebut dengan SIM Card Swapping. Apabila data tersebut telah dimiliki orang lain tentu transaksi di rekening bisa dilakukan tanpa sepengetahuan nasabah.

Inilah Mengapa nasabah perlu menjaga data rahasia terkait rekening mulai dari kode PIN, kode password, kode OTP atau mToken dikirim dalam SMS, nomor telepon terdaftar, data kartu identitas diri dan data lainnya kepada pihak manapun.

Apabila di Madinah nomor telepon milik nasabah menjadi tidak aktif dan tidak memiliki sinyal segera hubungi operator telekomunikasi yang digunakan dan layanan customer service Bank BRI untuk melakukan pemblokiran sementara pada rekening.

Baca juga: BRI Mobile Banking Tidak Bisa Akses Internet Banking

Poin paling penting untuk menghindari tindak kejahatan SIM Card Swapping adalah dengan tidak membagikan kode OTP atau kode mToken yang diterima dalam bentuk SMS. Pastikan juga nomor telepon yang digunakan sudah terdaftar sesuai dengan data diri nasabah di operator telekomunikasi yang digunakan.

Hindari menggunakan nomor telepon yang terdaftar atas nama orang lain karena akan meningkatkan risiko terjadinya SIM Card Swapping yang bisa merugikan nasabah secara finansial.




0 Response to "Apa Itu SIM Card Swapping Rekening BRI?"

Posting Komentar