wdcfawqafwef

Arti Potongan Saldo MDB Rekening BRI

Arti Potongan Saldo MDB Rekening BRI
Rekening BRI

Pertanyaan:
Mengapa ada potongan saldo di rekening BRI saya dengan keterangan MDB? Padahal tidak melakukan transaksi apapun hari ini.

Jawaban:
Untuk melihat detail transaksi di rekening BRI nasabah bisa memanfaatkan layanan digital banking seperti aplikasi BRImo atau layanan BRI Internet Banking dengan mengakses fitur mutasi rekening. Di sana tercatat seluruh transaksi baik saldo masuk dalam bentuk kredit maupun saldo keluar dalam bentuk debet.

Transaksi di rekening BRI tercatat secara otomatis dan realtime ketika cek melalui di layanan digital banking. Selain itu nasabah juga bisa cek mutasi di mesin ATM BRI atau dengan metode print out buku tabungan di cabang Bank BRI terdekat.

Menanggapi pertanyaan di atas apabila nasabah menemukan pemotongan saldo di rekening BRI dengan keterangan MDB maka itu artinya ada biaya Mobile Banking. Salah satu contohnya di sini adalah SMS notifikasi di mana fitur ini akan memberitahukan apabila ada transaksi di rekening.

Sebelumnya fitur SMS notifikasi di rekening BRI memotong pulsa di nomor telepon. Namun, sekarang metode yang digunakan adalah pemotongan saldo di rekening sebesar Rp500 perSMS yang diterima nasabah. Selain karena fitur SMS notifikasi, potongan MDB bisa juga terjadi akibat autodebet seperti bayar premi asuransi atau cicilan kredit.

Baca juga: Setor Tunai di ATM BRI Apakah Saldo Langsung Masuk?

Untuk pemotongan untuk biaya SMS notifikasi biasanya juga di akumulasi. Semisal dalam satu bulan nasabah menerima 10 SMS notifikasi yang itu artinya 10 x Rp500 = Rp5.000, itulah total saldo yang akan terpotong di rekening.

Ini merupakan salah satu fitur keamanan dari Bank BRI agar nasabah bisa mengetahui secara real-time apabila ada transaksi di rekening BRI, jika merasa transaksi tersebut tanpa sepengetahuan maka nasabah bisa segera melaporkannya ke pihak Bank BRI.

Nasabah juga memiliki opsi bisa menonaktifkan fitur SMS notifikasi ini dengan meminta bantuan customer service di cabang Bank BRI terdekat. Silakan bawa buku tabungan, kartu e-KTP asli, kartu debit atau kartu ATM, serta nomor telepon terdaftar.




37 Responses to "Arti Potongan Saldo MDB Rekening BRI"

  1. Saya kok di potong samapai 175.000,,,tidak masuk akal sampai segitu ya biaya MDB YA,,tolong untuk bank bri ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip, saya dipotong Rp.255.000,- bulan ini, bagaimana sampai sebesar itu dak...?

      Admim : Mohon penjelasn nya..

      Hapus
    2. Uang saya kepotong di ATM Rp 150.000 tgl 29 Maret 2022, tgl 04 April 2022 ke potong lagi Rp 150.000 bagaimana sampai sebesar itu yah?
      Admin mohon penjelasannya😭

      Hapus
    3. Saya kepotong 285000 kok banyak bangat pdhal ngak terlalu di pke

      Hapus
    4. Sya heran dgn BRI skrg, uang sya terpotong setiap bulan 300.000 pdhl tdk pakai banking. Nyimpan uang disini malah menguras.

      Hapus
    5. Karena nominal pemotongan saldo cukup besar saya sarankan hubungi customer service bank BRI untuk dibantu pengecekan pada sistem. CS Bank BRI bisa dihubungi tanpa pulsa seperti yang pernah saya bahas pada video: https://youtu.be/-dgy9uIWNfo

      Kemungkinan ada transaksi auto debit di rekening tersebut seperti pembayaran premi asuransi atau pembayaran kredit, bisa juga potongan karena mengikuti tabungan berjangka.

      Hapus
    6. Tolong perketat lagi jangan ada tawaran pikak asuransi lewat tlpon...karna itu bisa ssaja direkayasa kata² yag di rekam OK dan IYA untuk mengaktipkan asuransi shingga saldo berkurang trus dlam tabungan.

      Hapus
  2. Tiba2 dipotong 150 ribu, luar biasa merugikan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip, saya dipotong Rp.255.000,- bulan ini, bagaimana sampai sebesar itu dak...?

      Admim : Mohon penjelasn nya..

      Hapus
    2. Saya barusan gak ada pemberitahuan pas d cek 310.000 saldo d potong. Kalo alasan untk bayar sms/500 gak mungkkn juga sbsar itu

      Hapus
  3. Saya dipotong Rp.255.000,- bulan ini, bagaimana sampai sebesar itu dak...?

    Admim : Mohon penjelasn nya..

    BalasHapus
  4. Saya dipotong Rp.255.000,- bulan ini, bagaimana sampai sebesar itu dak...?

    Admim : Mohon penjelasn nya..

    BalasHapus
  5. Saya kena 150rbu 🤦‍♂️

    BalasHapus
  6. Saya MDB dipotong 101.000 saya curiga dipotong bpjs. Karena saat mau byr bpjs katanya tagihan sdh lunas

    BalasHapus
  7. Tanggal 14 di potong MDB 29000 tanggal 18 ini di potong lg ... 29000 maksutnya gmna BRi ini

    BalasHapus
  8. Saya hari ini dipotong MDB 175000 sangat rugi banyak potongan

    BalasHapus
  9. Saya jg kena potongan MDB 175000 di rek BRI itu potongan apa ya. Sampai segitu besar nya. Mohon penjelasan nya🙏

    BalasHapus
  10. Saya jg 4 bulan di potong 39.000 itu gmn ya, tolong penjelasan nya admin, kemarin sempet dtang ke kantor cabang terdekat. kode MDB katanya kode yg di miliki jasa asuransi, tetapi saya tidak ada asuransi.

    BalasHapus
  11. Saya kok sampai 380000..sudah ke kantor BRI..katanya ada transaksi di ambasador mall..kok bisa sedangkan saya tidak pernah kesana

    BalasHapus
  12. Lumayan di rek ibu saya ada biaya MDB keluar 8.000.000 BRI ni gimana yaa gak kok terkuras habis gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak udh ada penjelsan ke bank blm ya? saya juga jadi korban MDB keluar di BRI

      Hapus
  13. Saya kok sampai 2.500.000 potongan ny..BRI gak jelas

    BalasHapus
  14. Iya kenapa biaya MDB besar sekali, BRI merasa di butuhkan sekali jadi seenaknya. Sudah tidak amanah

    BalasHapus
  15. Tiap tgl 1 kepotong MDB 39rb.. merugikan sekali..cara menonaktifkan gmn ya

    BalasHapus
  16. Saya di potong 150,000 emang cari duit segitu gampang udah susah susah nabung malah di ambil perbulan 150,000 bukan untung malah buntung

    BalasHapus
  17. Saya juga kepotong Rp 282.500 untuk biaya MBD gak masuk akal sekali, gak juga sampai 500 pesan saya terima. waduh parah ni bri

    BalasHapus
  18. Sama saya juga tiba" Saldo berkurang sampai Rp.282.000 , setelah di cek di mitasi banking ada kode dari MDB. Bagaimana ini ?

    BalasHapus
  19. Saya juga tiba" Saldo saya berkurang sampai Rp. 282.000 , setelah di cek di apk banking di mutasi ada kode MDB , mksdnya apa gimana ?

    BalasHapus
  20. sama. saya juga tiba" saldo kepotong td siang Rp.282.500

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena nominal pemotongan saldo cukup besar saya sarankan hubungi customer service bank BRI untuk dibantu pengecekan pada sistem. CS Bank BRI bisa dihubungi tanpa pulsa seperti yang pernah saya bahas pada video: https://youtu.be/-dgy9uIWNfo

      Kemungkinan ada transaksi auto debit di rekening tersebut seperti pembayaran premi asuransi atau pembayaran kredit, bisa juga potongan karena mengikuti tabungan berjangka.

      Hapus
  21. Saya juga sudah 3 kali tiba-tiba saldo saya di transfer 282.500 setiap bulannya ke MBD kodenya.Jadi bingung sendiri😕

    BalasHapus
  22. Pastikan tidak ada transaksi auto debit di rekening tersebut seperti pembayaran premi asuransi atau cicilan kredit, termasuk potongan Apabila mengikuti simpanan berjangka.

    BalasHapus
  23. Kk knp MBD kepotong sampe 2x. Tanggal 1 . 291.

    Tanggal 22. Kepotong lagi 310.

    Mohon. Gimn itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemotongan kadang memang diakumulasi sehingga nominalnya menjadi terlihat lebih besar. Namun, apabila transaksi pemotongannya relatif besar seperti puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu rupiah saya sarankan hubungi CS Bank BRI akan dibantu pengecekan pada sistem terkait transaksi tersebut.

      Hapus
  24. Baru pindah gaji ke rek BRI kok aneh tiba tiba bulan kedua ada potongam mdb sebesar 309 rb pdhl hy utk transaksi gaji sj , tdk ada utk byr aneh aneh ...gmn penjelasan dari BRI ini semisal tiap bulan hrs kena potongan sebesar itu setahun lumayan juga sekitar 3,6 juta

    BalasHapus
  25. Pihak asuransi yg ngmong bertele tele lewat telvon yg merekam kaya" iya dan oke" itu dibuat persetujuan untuk aktive asuransi pnyebab dana MDB aktiv kena potongab besar,,,ini sya yg di alami ,,,tolong perketat lagi untuk bnk BRI ,hilangkan persetujuan asuransi lewat telpon ,itu sangan merugikan bagi orang awam kasian saldo kepotong asuransi tapi dia tdk mnandatangani berkas asuransi yang di janjikan akan datang 10hri org asuransi dtg kerumah untuk memberi berkas,,saya kecewa

    BalasHapus