wdcfawqafwef

Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI

Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI
Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI

Tanya:
"Saya mendapatkan sebuah notifikasi SMS dengan keterangan transaksi (reversal) setelah tarik tunai saldo di mesin ATM BRI, padahal transaksi tersebut gagal. Apa artinya notifikasi ini dan apakah saldo saya sudah terpotong?"

Jawab:
Sejak beberapa waktu yang lalu PT Bank Rakyat Indonesia memberlakukan kebijakan notifikasi SMS secara otomatis akan dikirim kepada nasabah Apabila terjadi transaksi dengan nominal diatas Rp500.000 dari rekening tabungan nasabah.

Notifikasi ini sebenarnya bisa dinonaktifkan atau diubah nominal transaksi akan mendapatkan pemberitahuan via SMS dengan menghubungi BRI Call. Namun untuk menjaga keamanan saldo dana rekening Nasabah di bank untuk mengaktifkan fitur ini.

Terkait kasus di atas dimana nasabah mendapatkan sebuah notifikasi SMS dengan keterangan transaksi pada rekening tabungan dan yang muncul adalah transaksi reversal itu merupakan pemberitahuan bahwa transaksi telah gagal dan saldo dikembalikan secara otomatis ke rekening.

Nasabah Bank BRI tidak perlu khawatir saldo terpotong dengan adanya notifikasi SMS tersebut. Untuk memastikannya bisa cek saldo rekening tabungan atau cek mutasi rekening di mesin ATM BRI bisa juga menggunakan layanan digital banking seperti Internet Banking dan SMS Banking BRI.

Apakah SMS notifikasi ini dikenakan biaya SMS? Ya, berlaku biaya SMS berlangganan yang nantinya akan dipotong langsung dari saldo rekening tabungan setiap bulannya.

Baca juga: Biaya Transaksi BRI Internet Banking, BRImo, Mobile Banking, SMS Banking

Jadi transaksi reversal yang ditunjukkan oleh notifikasi SMS dari Bank BRI menunjukkan telah terjadi pengembalian dana setelah adanya transaksi gagal contohnya ketika tarik tunai saldo di mesin ATM BRI atau mesin ATM bank lainnya menggunakan kartu debit dari rekening bank BRI.

33 Responses to "Apa Maksud Transaksi Reversal di Bank BRI"

  1. Saya menerima transperan uang dari mitra saya dari bank bca dan di cek uang sudah masuk tapi 2 jam kemudian uang nya jdi tidak ada lagi katanya reversal harus gi mana sya mengurus nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sm dengan masalah saya kak, bagaimana solusinya ya?

      Hapus
  2. Brapa lama akan berhenti reversal ??? Tolong dong di perbaiki bank BRI

    BalasHapus
  3. Jadi malas transaksi melalui atm bri karena semakin sering mendapatkan notifikasi reverse semakin sering terpotong biaya pemberitahuan, padahal masalah sering timbul pada jaringan atau mesin atmnya.

    BalasHapus
  4. Alangkah baiknya di perjelas dari pihak BRI bahwa transaksi gagal agar konsumen tidak was was atau kawatir saldo berkurang

    BalasHapus
  5. Saya mendapatkan notifikasi dari bank BRI (reversal) penarikan tunai ATM namun saldo tetap berkurang ..maksudnya gimana yaa ??

    BalasHapus
  6. Barusan saya menerima laporan email bahwa transferan Customer saya reserval, terus ada lagi transaksi gak ada tulisannya reserval. Tadi saya sudah terlanjur bilang sudah masuk. Haduj, please jangan php, BRI

    BalasHapus
  7. Saya baru transfer, terus ada notifikasi reversal.. Kata di atas kembali otomatis masuk ke rekening,, tapi setelah saya cek kok tidak ada! Ini gimana bri!!!!!

    BalasHapus
  8. Knapa ATM BRI sy sering bener ketelan mesin. Baru sj sy tarik gak taunya atm nya ketelan. Dpt sms dari BRI REVERSAL.

    BalasHapus
  9. BRI sering bener buat kecewa Nasabah. PROBLEM hampir setiap hari lama pula.

    BalasHapus
  10. Mau ngurus ATM BRI yg ketelan nunggu antrian di Bank nya lama

    BalasHapus
  11. Kok BRI kalah ya dgn Bank yg lain.
    Bank lain jarang PROBLEM

    BalasHapus
  12. Mohon penjelasan kenapa kartu ATM sering ketelan...??? Terima kasih

    BalasHapus
  13. Penarikan uang uang 300.000 kok uang nya tidak keluar di masukan ATM Nya kembali langsung atm ketelan baru muncul sms banking Reversal Pelayanan mesin atm bri lambat laun semakin parah kinerja atm menurun sampai kapan kayak gini Bri.

    BalasHapus
  14. Mesin ATM nya bekas semua, kecewa sy sm bank BRI, padahal bank besar dinegri ini

    BalasHapus
  15. Mesin ATM nya butut, kecewa sy sm BRI padahal bank besar diegri ini

    BalasHapus
  16. Saya baru saja melakukan penarikan tunai Rp Rp 400.000 ribu di mesin ATM BRI , tapi penarikan uang nya gagal, tidak lama kemudian ada SMS banking masuk bahwasanya saya sudah melakukan penarikan tunai Rp 400.000 ribu , pada hal gagal, kemudian muncul lagi SMS banking Reveresal penarikan tunai Rp 400.000 ribu rupiah, apakah uang saya yg gagal saya tarik ttelah dikembalikan atau bagaimana BRI, kok bisa seperti itu, aneh uang gagal ditarik dari ATM tp dapat SMS banking notifikasi penarikan tunai, tolong BRI uang nya dikembalikan ke saldo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persis sama yg sy alami sore tadi

      Hapus
    2. Ternyata banyak juga yg ngalamin begini, sya barusan ini ngalamin ya Allah gmna ini respon dari BRI

      Hapus
  17. Suami ku tadi juga kaya gitu itu gimana ya

    BalasHapus
  18. Saya juga bru mngalami nya

    BalasHapus
  19. Atm bini saya tertelan udah transaksi 1 jta uang dan kartu tidak keluar setelah 1 jam ada sms reversal apakah saldo masih aman di atm atau ilang mohon pencerahan

    BalasHapus
  20. Kami barusan mengalami hal serupa di ATM BRI. Menarik duit, gagal (uang tidak keluar), TAPI SALDO BERKURANG. Ternyata bank tertua tapi tidak profesional. Pengalaman saya di ATM lain aman-aman saja, tidak pernah seperti ini.

    BalasHapus
  21. Saya melakukan tarik tunai di ATM penarikan pertama sukses trus yang kedua mesin ATM langsung berhenti dan kartu ATM saya tidak keluar lagi. Apa jika ada orang lain nanti yang melakukan transaksi apakah uang saya akan keluar

    BalasHapus
  22. Sistem BRI memang kebanyakan eror kadang pemberitahuan juga gak ada...tolooooong dongs diperbaharui sisitem dan mesinnya

    BalasHapus
  23. Kalo case saya transfer ke akun BRIVA OVO suami saya sejumlah 6.450.000 struk keluar dg notifikasi sedang proses, saldo sudah kepotong.

    Tapi sampai sekarang masih belum masuk ke OVO suami saya.

    Mohon bantuannya, bagaimana ini?

    BalasHapus
  24. Tlong dong info.
    Saya barusan terima transferan 360 ribu .
    Tpi stelah selang waktu 3jam.
    Jdi hilang alias saldo berkurang.

    BalasHapus
  25. Ini barusan saya mengalami kejadian serupa jd was was kl saldo terpotong.mesin atm rusak nunggu keluar kartu atm lama dari mesin atm.

    BalasHapus
  26. Sebaiknya di kaji ulang kl membuat sistem...tidak semua nasabah tau apa itu reserve..!!! Saya sendiri awalnya tidak tau dan kwartir akan sistem pemberitahuan seperti ini...
    Beri pemahaman dong ke nasabah terlebih dahulu..!!!!

    BalasHapus
  27. Sebaiknya di kaji ulang kl membuat sistem...tidak semua nasabah tau apa itu reserve..!!! Saya sendiri awalnya tidak tau dan kwartir akan sistem pemberitahuan seperti ini...
    Beri pemahaman dong ke nasabah terlebih dahulu..!!!!

    BalasHapus
  28. Terjadi barusan sy tarik tunai sudah cantumkan nominal ketik tabungan namun tidak keluar uangnya..akhirnya sy transaksi lagi baru keluar sempat wae wae transaksi yg pertama apakah uang sy berkuran atau uang saya ter tersangkut di mesin ATM hemm...sy cek ternyata TDK berkurang, namun ada yg aneh aja...kenapa pemberitahuannya kok ada kalimat reversal..sy ga ngerti maksudnya taunya setelah liat Mbah Google artinya itu gagal..!! Tolong ya sebelumnya nasabah di beritakan bila ada sistem baru seperti itu...jd ga bikin panik..!!!

    BalasHapus
  29. Saya juga barusan ngalami tarik di ATM to gagal kemudian ada smsa benking terlah terjadi tarik tunai Rp 500.000… satu menit kemudian ada pemberitahuan reversal..apa ya uang nya sudah dikembalikan secara otomatis..mhn penjelasan dr Pihak BRI..jd takut transanksi lwt ATM...

    BalasHapus
  30. Bri memang nggak becuss pelayanannya

    BalasHapus