wdcfawqafwef

Apakah Rekening BRI Bisa Dibobol Hanya Dengan Klik Link di WhatsApp?

Apakah Rekening BRI Dibobol Hanya Dengan Klik Link di WhatsApp?
WhatsApp


Pertanyaan:
Saya dengar di grup ada banyak pembobolan saldo rekening bank katanya habis klik link di WhatsApp. Apa benar begitu?

Jawaban:
Sistem layanan perbankan saat ini memang mengarah ke layanan digital banking baik itu jaringan mesin ATM, mesin EDC, layanan Mobile Banking termasuk Internet Banking. Dengan semua layanan tersebut secara langsung memberikan dampak positif baik bagi perusahaan perbankan maupun nasabah di mana transaksi menjadi lebih praktis bisa dilakukan di manapun dan kapanpun khususnya pengguna layanan Mobile Banking.

Perusahaan perbankan termasuk Bank BRI terus berupaya meningkatkan keamanan dari layanan digital banking. Meski demikian, peranan nasabah juga penting dalam menjaga keamanan data rahasia terkait rekening dan akun layanan digital.

Apabila nasabah menerima pesan WhatsApp berisi informasi apapun yang disebar secara random oleh kontak maupun orang lain yang tidak ada dalam kontak meminta klik link mencurigakan maka hal itu patut dihindari, termasuk pesan yang berisi arahan untuk download dan instal aplikasi. Ini berlaku juga untuk nasabah bank lainnya.

Apabila terlanjur klik link atau instal aplikasi mencurigakan jangan pernah input data apapun terkait data diri atau data rekening, hapus aplikasi yang baru saja di install. Aplikasi tersebut umumnya akan meminta akses ke panggilan dan pesan pada perangkat ketika di install, jangan pernah izinkan aplikasi tidak dikenal untuk mengakses panggilan dan pesan karena dia bisa saja mengakses SMS dari Bank BRI yang berisi kode OTP (One Time Password) sebagai verifikasi untuk mengakses layanan Bank BRI salah satunya aplikasi BRImo.

Beberapa data rahasia yang patut dijaga nasabah adalah:

  1. Username atau User ID termasuk password dan kode PIN dari BRImo.
  2. Nomor kartu debit atau kartu ATM, 2 digit bulan dan tahun masa berlaku kartu debit.
  3. 3 digit kode keamanan di belakang kartu debit (CVV/CVC).
  4. Kode PIN kartu debit.
  5. Nomor telepon terdaftar di rekening BRI.
  6. Termasuk kode OTP yang diterima dalam bentuk SMS.


Jika nasabah terlanjur klik link dan isi data atau terlanjur install aplikasi mencurigakan dari pesan WhatsApp atau email segera hubungi layanan customer service Bank BRI untuk melakukan pemblokiran sementara pada rekening BRI.

Baca juga: Penyebab Muncul BBR00NA Saat Reset Password BRImo

Sebenarnya ada beberapa tindakan keamanan yang bisa dilakukan salah satunya membedakan nomor telepon sebagai data di rekening Bank BRI dengan nomor telepon WhatsApp ataupun nomor yang biasa digunakan untuk berkomunikasi. Jangan gunakan nomor telepon terdaftar di Bank BRI di layanan manapun baik akun email, jejaring sosial termasuk WhatsApp. Di lain waktu akan saya bagikan tindakan keamanan lainnya, mungkin dalam bentuk video.




0 Response to "Apakah Rekening BRI Bisa Dibobol Hanya Dengan Klik Link di WhatsApp?"

Posting Komentar