wdcfawqafwef

10 Tips Aman Transaksi di Mesin ATM BRI

10 Tips Aman Transaksi di Mesin ATM BRI
Mesin ATM BRI

Pertanyaan:
Dengan makin banyak kasus pencurian data kartu debit saat transaksi di mesin ATM BRI. Adakah tips untuk menjaga keamanan transaksi di mesin ATM BRI?

Jawaban:
Meskipun pertumbuhan penggunaan layanan digital banking dari Bank BRI terus meningkat salah satunya pengguna aplikasi BRImo, tetapi penggunaan layanan mesin ATM masih banyak digunakan nasabah.

Saat ini Bank BRI memiliki beberapa jenis mesin ATM. Dari sekian banyak didominasi oleh mesin ATM BRI tarik tunai dan sebagian kecilnya lagi adalah mesin ATM BRI autodebet memungkinkan nasabah setor tunai ke rekening maupun transfer ke rekening BRI lain.

Terkait pertanyaan di atas berikut ini ada 10 tips amanan transaksi di mesin ATM BRI:

Pertama, hindari lokasi mesin ATM dalam keadaan sepi.

Kedua, perhatikan situasi di dalam mesin ATM pastikan tidak ada benda aneh mencurigakan seperti kamera pengintai PIN.

Ketiga, periksa pada bagian reader ATM untuk memastikan tidak ada benda mencurigakan pada lubang kartu debit yang bisa mengganjal kartu ATM.

Keempat, tutup tangan ketika menekan kode PIN.

Kelima, ganti kode PIN kartu ATM secara berkala.

Keenam, setelah transaksi berhasil usahakan cek mutasi rekening atau cek saldo bisa langsung dari mesin ATM maupun aplikasi BRImo juga layanan BRI Internet Banking untuk memastikan detail transaksi yang telah dilakukan.

Ketujuh, silakan blokir kartu debit BRI apabila tertelan di mesin ATM bisa melalui aplikasi BRImo, layanan BRI Internet Banking, menghubungi layanan BRI Call atau di kantor cabang Bank BRI terdekat.

Kedelapan, aktifkan fitur SMS notifikasi di rekening BRI untuk mendapatkan informasi transaksi.

Kesembilan, apabila masih menggunakan kartu ATM magnetic stripe silahkan ganti kartu ATM BRI chip yang lebih aman dari pencurian data.

Kesepuluh, apabila mengalami kendala ketika transaksi di mesin ATM silakan hubungi layanan BRI resmi Bank BRI. Hati-hati dengan nomor contact center BRI palsu yang kadang ditempel di mesin ATM atau dengan pihak lain yang menawarkan bantuan di mesin ATM.

Baca juga: Tarik Saldo BRI di ATM Lain Terbaca di Buku Tabungan?

Itulah 10 tips aman ketika transaksi di mesin ATM BRI untuk meminimalisir pencurian data kartu debit BRI dan keamanan transaksi.




0 Response to "10 Tips Aman Transaksi di Mesin ATM BRI"

Posting Komentar