wdcfawqafwef

Waspada Email Penipuan Mengatasnamakan Bank BRI

Waspada Email Penipuan Mengatasnamakan Bank BRI
Email Penipuan

Pertanyaan:
Saya mendapat email dari Bank BRI menyatakan indikasi akun BRI Internet Banking sedang diretas dan diminta untuk verifikasi data. Apakah ini email resmi atau penipuan?

Jawaban:
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk memiliki layanan electronic banking satu diantaranya adalah BRI Internet Banking yang bisa dimanfaatkan nasabah untuk aktivitas transaksi secara personal seperti cek saldo dan cek mutasi rekening hingga transaksi finansial transfer saldo juga pembayaran berbagai tagihan.

Ketika registrasi di layanan internet banking nasabah diminta data kontak berupa nomor telepon dan alamat email nantinya setiap notifikasi transaksi dikirim langsung ke alamat email nasabah atau apabila nasabah mengaktifkan SMS notifikasi pemberitahuan juga akan dikirim dalam bentuk SMS ke nomor telepon terdaftar.

Terkait pertanyaan di atas nasabah mendapati sebuah email yang menyatakan dari Bank BRI harap waspada apalagi meminta berbagai data rahasia untuk verifikasi.

Beberapa ciri-ciri email masuk yang patut diwaspadai oleh nasabah:

1. Email berisi gambar konten berupa gambar Bank BRI yang berisi Link mengarah ke website tidak resmi.
2. Alamat link tersebut biasanya mengarahkan halaman login palsu di mana nasabah meminta masukan username dan password BRI Internet Banking.
3. Email tersebut juga biasanya akan meminta nasabah untuk verifikasi data memasukkan data rahasia baik password, kode PIN, kode OTP, dan data rahasia lainnya.

Nasabah perlu berhati-hati dan waspada untuk lebih cermat membaca isi email dan alamat link yang ada di dalamnya dan jangan pernah membagikan data rahasia kepada pihak manapun.

Jika membutuhkan bantuan nasabah bisa hubungi layanan Call Center BRI melalui sambungan telepon ada layanan kirim pesan di website resmi BRI Internet Banking untuk berkomunikasi dengan customer service.

Baca juga: Tarik Saldo di BRILink Tanpa Kartu Debit




1 Response to "Waspada Email Penipuan Mengatasnamakan Bank BRI"