wdcfawqafwef

Pembayaran Transfer BRIVA di Shopee Berhasil Tapi Status Belum Dibayar

Pembayaran Transfer BRIVA di Shopee Berhasil Tapi Status Belum Dibayar
Pembayaran Transfer BRIVA di Shopee Berhasil Tapi Status Belum Dibayar

Tanya:
"Beberapa jam yang lalu saya melakukan pembayaran pesanan di toko online Shopee menggunakan metode transfer BRIVA. Tapi sampai saat ini statusnya masih belum dibayar, apakah sedang terjadi gangguan?"

Jawab:
Perkembangan bisnis toko online atau eCommerce di Indonesia melaju dengan pesat dan ini juga disinyalir sebagai salah satu faktor mengapa toko-toko retail offline mengalami kebangkrutan karena tidak mampu bersaing dengan derasnya kemajuan teknologi. Ditambah lagi sekarang e-Commerce memiliki kelebihan memberikan pilihan berbagai metode pembayaran.

Terkait kasus di atas di mana nasabah telah berhasil melakukan pembayaran pesanan di toko jual beli online yaitu Shopee namun kemudian setelah dilakukan pengecekan ternyata status pembayaran belum dibayar atau mungkin menunggu pembayaran, yang biasanya metode pembayaran transfer BRIVA (BRI Virtual Account) terverifikasi otomatis langsung setelah pembayaran berhasil. Di sini ada baiknya nasabah menghubungi pihak Shopee sebagai penerima dana.

Namun demikian nasabah juga perlu memperhatikan beberapa hal. Yang pertama perhatikan bahwa dana atau saldo telah benar-benar berhasil ditransfer, caranya silahkan cek mutasi rekening tabungan. Disana akan muncul saldo keluar dalam bentuk debet transfer rekening BRI Virtual Account Shopee.

Simpan bukti transaksi tersebut agar nantinya bisa ditunjukkan kepada pihak Shopee.

Untuk cara menghubungi Shopee bisa melalui aplikasi mereka di smartphone dengan login terlebih dahulu di akun Shopee nasabah. Selanjutnya customer service Shopee akan membantu melakukan pengecekan pada sistem terkait pembayaran melalui metode transfer BRIVA yang telah dilakukan oleh customer.

Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa jam atau mungkin beberapa hari jadi nasabah mesti bersabar. Jikapun nantinya memakan waktu lebih lama dari batas waktu pembayaran yang mengakibatkan pesanan dibatalkan secara otomatis oleh sistem selanjutnya dana tersebut akan dikembalikan biasanya dalam bentuk Shopee Poin atau ShopeePay.

Baca juga: Apa Itu Transaksi Debet di Rekening BRI

Untuk itu, nasabah baiknya sesegera mungkin menghubungi pihak Shopee terkait pembayaran pesanan yang masih berstatus belum dibayar padahal telah berhasil melalui metode transfer BRIVA (BRI Virtual Account).

5 Responses to "Pembayaran Transfer BRIVA di Shopee Berhasil Tapi Status Belum Dibayar"

  1. Saya punya masalah yang sama dgn kasus ini,saya sudah melakukan pembayaran atas pesanan saya melalui transfer briva. Seharusnya setelah transfer berhasil pembayaran akan terkonfirmasi otomatis secara langsung/ dlm 10 menit setelahnya & pesanan pun secara otomatis statusnya dalam pengemasan. Tapi kok gk ada yg muncul seperti yg sy jelaskan diatas. Tolong gmna solusinya admin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gmn k sdh bs blm, sy mengalami hal serupa...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Masalahnya sama dengan yg aq alami.. Gmna ni

    BalasHapus
  3. Semalam jga saya seperti itu 200.000 malahan..padahal itu bukan uang yg sedikit

    BalasHapus